Saturday, August 16, 2008

120. Taxi

Taxi

Ada sebuah pengalaman. Tanggal 16 Agustus 2008 saya naik taxi di Jogja dari stasiun kereta menuju rumah dikawasan jalan Kaliurang.
Begitu naik saya kena biaya 5.500 rupiah. Ini lumrah. Ongkos buka pintu. Lalu setiap jangka tertentu argo naik entah berapa rupiah saya tidak pedulikan.
Tiba2 sesampai dipertengahan jalan ketika argo menunjukkan angka 11.000 argo mendadak mati.
Sopir bilang " lho argo nya mati ". Saya hanya melirik ke argo. Tadi selintas saya melihat angka 10.600 sebelum mati.
Oleh supir lalu argo dihidupkan. Ternyata muncul angka "5.500 lagi" dan ketika sampai tujuan menunjukkan 14.000.
Saya pikir angka 5.500 yang kedua itu sebagai faktor pengurang angka 14.000 lalu ditambah angka awal 11.000 sebelum mati. Dalam benak saya 5.500 kan "uang buka pintu" dan cukup sekali waktu tadi naik.
Ternyata tidak ... saya harus bayar 11.000 ditambah 14.000.
Merasa dikadalin saya tegur si sopir. Betapa terkejut saya ternyata jawabannya aneh bin ajaib. Kalau matinya 5 kalipun saya harus bayar 5 x 5.500 karena saya dianggap naik lagi. Kalau argo sepuluh kali mati ya 10X.......
Uedaaan.
Dari pada rame ya udah saya bayar.. cuma otak saya jadi bingung "aku sik edan opo supir taxi sik gembluoong"
Wis ati2 saja kalau naik taxi di Jogja.
Jangan terbujuk halusnya penampilan.
Monggo mas....

4 comments:

paromo suko said...

laporke nang KPK wae
ning mangkat nang kator KPK ra sah ganti taksi
sisan mbrodhol !
( melu ngadhali aaaaahhhh )

Indro Saswanto said...

Gak popo mas, kweno nggo obat sutriss.
[tunggu laporan berikutnya]

Ninis said...

Cik enake nggawe aturan???
Mbathi sih mbathi, tapi kebangeten tuh, Pak..!

Indro Saswanto said...

Mbak ninis..
di negri ini serba kacau
serba permisif
Dulu sudah diramal
Ada jaman edan sik ra edan ra keduman
Sak bejo2ne wong isih bejo sing eling lan waspodo.
Salam dari jbg.