Monday, September 10, 2007

4. SR~VI WINGKO 1957~1963

Periode
SR ~WINGKO MULYO
1957~1963

Huruf SR.. Tahun 50~60 an sangat terkenal karena huruf tsb merupakan singkatan dari SEKOLAH RAKJAT.
Tahun 70an istilah tadi berganti mejadi S-D atau Sekolah Dasar.
SR VI wingkomulyo adalah salah satu sekolah rakjat yang terletak di kecamatan Ngombol kabupaten Purworejo. Jawa tengah. Di sekolah itu aku mulai mengenyam pendidikan formal.
Aku masuk kelas satu pada tg 3 ags1957 Aku masih ingat dihari pertama masuk sekolah aku diantar dan ditunggui ibuku-maklum anak bungsu masih manja. Sebenarnya untuk berangkat ke sekolah yang paling aku takuti adalah kalau ada orang gila dijalanan. Nurut kakakku banyak orang gila dijalan yang suka menculik anak2. Padahal sebenarnya ya enggak lah.
Memang aku sering ditakut2i sama kakak2ku. Yang mayatlah orang gila medi gendruwo dll hingga aku jadi anak penakut.
Oke di kelas satu aku belajar menulis degan sabak dan grib.yang di pinjami oleh sekolah. Hasil pekerjaan dinilai pakai kapur oleh guruku. Kalau nilaiku bagus aku tempel ke pipi sehingga ada angka 10 di pipi ku. Sampai dirumah aku pamerkan kepada ibuku. Aku selalu juara di kelas.
Suatu saat ada acara perpisahan kelas 6. Aku tampil di pentas menyanyikan lagu Man Doplang. Gara2 itu aku di juluki Paman Doplang oleh teman2 ku. Waktu itu aku sangat malu dengan julukan itu.
Selama belajar di SD aku berangkat kesekolah dengan cokoran alias tanpa alas kaki. Sehingga waktu masuk SMP pakai sepatu terasa canggung
Tapi ketika ujian achir~ kelas 6 aku diharuskan memakai sepatu. Pagi2 aku bersama teman2ku berangkat ketempat ujian di Purwodadi yang berjarak 10 km dari rumahku. Aku dan teman2 naik dokar. Aku duduk didepan. E tiba2 kudanya kentut brut brut brut. Rupanya karena masih pagi kedinginan perutnya kembung mau be all. Betul juga prut prut bom2 berjatuhan. wah bau nya sedap. nempel di nervus olfactoriusku sampai sekarang.
Ujian dilaksanakan selama 2 hari dan hasilnya sangat memuaskan. Aku lulus dengan nilai 25 untuk 3 mata pelajaran. Akan tetapi yang tidak lulus banyak juga. Kalau tidak salah 7 dari 26 teman ku.
Malam sebelum pendaftaran ke SMP aku nangis keras gara2 ijasah ku sobek ketarik dari laci. Aku nangis gero2 takut kalau gak di terima di SMP. Aku kira logis lah. Maklum pemikiran anak2 masih polos.
Masuk smp aku menjalani test wawancara. Semua berjalan mulus. Achir nya aku diterima masuk di SMP N2 Purworejo. SMP paling top marto top dikota tsb.
Semasa usia SD ada satu peristiwa yang tidak bisa aku lupakan. Yakni ketika pulang sekolah ~merupakan kebiasaanku ~ dari kejauhan aku sudah teriak2 "buuu mana jajannya,. " Ketika itu ibu ku masih sibuk didapur. Jadi aku didiamkan saja. Aku tak sabar. Aku panjat almari makan. Suatu ketika lemari roboh. Aku tertindih. Ibu marah2 mulut ku di sumpal lombok. aku teriak2 nangis keras karena memang aku tidak doyan pedas.. He he kalau ingat aku jadi geli juga.
Oke itu tadi beberapa cuplikan ingatan yang dapat aku down load dari memoriku.
jbg 10.09-2007

No comments: