Monday, September 17, 2007

10. DJAMRODJI in memorium

Bp DJAMRODJI dlm kenangan.

Desa Wingkotinumpuk 4 jan 1988. Bp Djamrodji meninggalkan kita semua dalam usia 79 tahun. Beliau seorang pemegang prinsip yang kuat. Sehingga beliau banyak kawan tapi sekaligus banyak lawan.
Untuk anak keturunan nya beliau selalu berpesan
~ wa la tammutuna illa wa antum muslimun ~ dan janganlah se kali2 engkau mati kecuali dalam keadaan muslim.
Wasiat ini yang harus kita jaga kalau kita mengaku anak keturunan bp Dlamrodji. Karena apa. Beliau yakini betul bahwa ~ tidak ada agama yang di ridhoi Allah kecuali Islam..
Bp Djamrodji lahir 1 juni 1909 Ayah beliau ATMOWIDJOJO. Seorang Carik desa. Bersaudara 2 orang Taslimah dan Supiyah. Beliau menyunting gadis sedesa nya putri pak lurah. Salbiah binti H Sanusi. Setamat sekolah tehnik di jaman Belanda beliat merantau ke Sumatera menjadi pegawai Batavshe Petroleum Maskapij di Plaju. Sampai 1942 Jepang datang. pabrik di bombardir. Beliat dan teman2 nya pulang ke WINGKO dengan naik sepeda yang memakan waktu 1 bulan. Selanjutnya beliau ikut berjuang didalam Barisan Pelopor. Setelah merdeka menjadi pegawai Jawatan Penerangan. Hingga pensiun tahun 1968. Kalau dinas beliau naik sepeda unta laki2 merk Reliegh dengan topi polkah putih dan tas digantung di andang sepeda. Kalau pulang tak lupa membawa oleh2 satu kacang hijau dan bak pia untuk anak ragil nya. Kegemaran beliau membaca dan mengaji. Anak2 beliau ajari membaca al Quran. Beliau seorang yang suka ber diskusi dan terbuka kepada anak2 nya-beliau tanamkan betul ilmu tauhid kepada putra putri nya. Ada satu kejadian sewaktu wingko hujan deras dan dilanda angin ribut. Pohon kelapa disamping rumah condong kesana kemari. beliau lari ke pohon itu sambil takbir Allahu Akbar Allahu Akbar. Sampai ahirnya angin mereda dan selamat tidak ada pohon yang tumbang di rumah nya. Peristiwa lain lagi sewaktu cucunya main tidak pulang2 entah beliat an a Ee si anak pulang seperti anak bingung ber putar2 di pinggir sumur sampai habis magrib. Beliau dimasa pensiunnya menjadi imam masjid di wingko. Memang beliau banyak teman dan musuh tetapi sewakt beliau wafat banyak lawan politiknya yang datang melayat. Ahirnya dengan doa Robbanagh firli wali walidayya war harhuma kama robbayani saghiro.3x

Kita kenang bapak. eyang. buyut.canggah.wareng.udeg2.gantungsewur.
DJAMRODJI.

No comments: