Tuesday, September 18, 2007

11. Eyang PUTRI 1911~2004

IBUKU Pejuang sejati.

Tak terasa kami anak2 cucu cicit telah lebih 3 tahun ditinggal eyang putri almarhum ibunda.~ ibu SALBIAH binti Haji Sanusi.. Beliau wafat 06 sep 04.
Lahir di wingko tahun 1911. Beliau seorang yang gigih penuh perjuangan dalam hidupnya. PEJUANG SEJATI kata yang tepat untuk beliau.
Diawali pertempuran jaman Jepang. 1942an beliau harus meninggalkan Plaju tempat suami nya bekerja. Karena saat itu sedang berkecamuk perang dunia kedua. Ancaman invasi Jepang ke Indonesia semakin dekat. Dengan membawa 5 anak yang masih kecil2 dan barang bawaan yang cukup berat beliau pulang sendirian ke wingko. Jaman masih begitu sulit transportasi tidak selancar sekarang. Sesampai Wingko beliau harus menyekolahkan anak2nya. Beliau membimbing mendorong putra putri nya untuk sekolah yang pintar agar bisa menjadi orang yang berguna bagi nusa bangsa dan bagi keluarga serta dirinya sendiri. Dengan ketabahan dan kegigihan beliau maka cita2 beliau pun terkabul. Bisa di bayangkan seandainya beliau bukan wanita berpikiran maju maka anak cucu beliau akan tetap tinggal sebagai petani di desa. Ekonomi yang pas2an tidak menyurutkan perjuangan beliau untuk mewujudkan keinginan beliau sampai2 makanpun beliau dibawah standart. Segalanya untuk putra putri beliau. Beliau inginkan putra putrinya menjadi orang yang terpandang dan bermartabat di lingkungan sekelilingnya. Eyang putri seorang religius. Setiap malam selalu bangun uuntuk solat tahajud. Puasa senin kamis selalu beliau laksanakan. Bila putra putri nya ujian sekolah beliau pun berpuasa. Pengalaman penulis mengatakan agak aneh. beliau sudah mengatakan kamu lulus padahal ujian belum di umumkan. Eyang memang seorang yang besar prihatinnya kalau tengah malam beliau sering mengelilingi rumah wingko tujuh kali sebagai tirakatnya. Beliau keras serta disiplin. Suka bicara serius dan memecahkan masalah. Jarang beliau bergurau. Setelah putra putri nya dewasa beliau tidak pernah marah paling hanya menangis kalau ada masalah yang tidak berkenan dihati beliau. Dan banyak diam Kenangan manis yang pernah penulis alami yakni ketika aku mau berangkat ujian SR.Beliau menyiapkan segala kebutuhanku. Beliau berpesan jangan lupa membaca bismillah kalau mau mengerjakan soal. Dan atas restu beliau semuanya berjalan lancar.
EYANG.. begitu semua anak cucu nya memanggil. Beliau begitu sayang kepada cucunya. Kepada mereka kalau sowan selalu diberikan uang sangu walau hanya seribu. Beliau menikmati betul kenakalan cucunya sewaktu masih kecil2.walau kadang menyusahkan tapi beliau dengan sabar memberi petuah2 kepada putra putri. Beliau selalu ber pesan ~ jaga solat mu nak dan kalau ibu sudah tiada kamu semua harus tetap guyup rukun.
Ada pepatah ~ kasih ibu sepanjang jalan kasih anak sepanjang galah. Itu lah kasih sayang eyang yang tulus iklas kepada putra putri nya. Sungguh tidak sebanding apa yang bisa kita berikan kepada beliau dengan apa yang telah beliau berikan kepada kami putra putrinya.
Eyang. Terimakasih eyang berkat perjuanganmu kegigihanmu kami semua anak cucumu bisa menjadi orang yang bermartabat di negeri tercinta ini. Sesuai dengan cita2 eyang yang sangat luhur.
MemangTidak banyak orang yang berpikiran maju seperti eyang pada jamannya
jombang ramadan 2007.

No comments: