Monday, February 18, 2008

62. Bodong

BODONG

Ini hanya sebuah cerita fiksi belaka jika ada nama yang mirip atau sama itu hanyalah suatu kebetulan yang tidak di sengaja.

Sering kalimat klise di atas di pajang baik sebelum atau sesudah sebuah cerita dipapar. Entah itu basa basi atau memang demikian keadaannya..

Untuk cerita dibawah ini guna menghindari kesalahfahaman maka perlu kiranya saya memasang kalimat tsb diatas sebagai pembuka.

Alkisah, Bapak Sarimin, seorang yang terpandang dimasyarakat, mempunyai sedikit kelainan. Udele bodong, jan bodong dong dong, sehingga oleh teman2nya sewaktu kecil dia sering dipanggil bodong.
Panggilan itu baginya sungguh tidak mengenakkan, tapi apa boleh buat udelnya sudah terlanjur terlihat oleh temen2nya ketika mereka mandi bersama2 dikali. Sehingga sampai kini predikat itu melekat pada dirinya.

Predikat ini sebetulnya tidak cocok baginya karena dia bukanlah anak yang bodong alias bodoh. Dulu dia menempuh kuliah di fakultas hukum.

Jadi sekali lagi dia bukannya orang bodoh atau bodong.
Sebagai mahasiswa calon ahli hukum,calon hakim, calon jaksa, ataupun pengacara, tentu nantinya dia akan menjadi ahli hukum ataupun pengacara yang pintar......

Ketika sudah jadi ahli hukum dia mencari tahu penyebab sehingga dia punya del bodong.

Pertama dia mencari tahu pada mbah dukun, bu bidan atau pak dokter yang menolong kelahiran dia.
Jangan2 mereka salah ketika memotong tali pusatnya. Dia pikir kurang pendek atau bahkan terlalu panjang hingga udele bodong.

Tapi beruntunglah dia, karena yang menolong kelahirannya adalah seorang dokter spesialis kandungan sehingga waktu mau ngelabrak, oleh dokter itu dijelaskan bahwa bodong adalah salah satu dari bentuk hernia diperut sehingga ususnya sedikit menonjol.

Oleh dokter tadi dia ditawari, kalau mau dipotong saja udelnya biar kempes.
Tetapi rupanya Sarimin yang sekarang sudah menjadi orang sukses itu, sudah terlanjur cinta dengan kebodongannya tadi sehingga dia merasa sayang kalau bodongnya dibuang. Salah2 nanti udelnya mendelep hingga namanya jadi Sarimin mendlep..... Sayang kan? bagusan Sarimin bodong dong............

''Bodong'' dalam bahasa jawa mempunyai dua arti, Pertama berarti umbilikus atau wudel atau pusar yang menonjol keluar. Kedua bodong berarti ''bodoh''.

Dalam kasus motor atau mobil bodong, yang dimaksudkan adalah bahwa kendaraan itu tidak mempunyai surat2 resmi sama sekali entah itu Stnk, Pkb ataupun Bpkb.
Biasanya kendaraan itu merupakan hasil kejahatan atau ''banyolan'' kependekan dari.. barang colongan.

Kendaraan bermotor bodong biasanya berseliweran dipedalaman2, didesa2, dimana ditempat itu tidak pernah tersentuh sweeping surat2 kendaraan.
Pernah diberitakan dalam koran2, sejumlah motor bodong tertangkap ketika hendak dikirim keluar pulau jawa dengan menggunakan perahu antar pulau.

Ini bisa dipahami karena tertib lalu lintas di pedalaman belum sebaik dikota2 besar

hingga motor bodong lebih bebas berkeliaran.
Memang benar.. besar resikonya memelihara motor bodong, tetapi karena ekonomi masyarakat yang masih parah, dilain fihak masyarakat ingin seperti sodara2nya yang mampu maka ada saja sebagian mereka yang mengambil jalan pintas guna memenuhi keinginannya itu dengan membeli motor bodong.

Motor bodong dijual dengan harga sangat murah, maklum barang curian, jadi sebaiknya jangan anda milikinya karena bisa2 dituduh sebagai penadah.

Secara fisik motor tersebut tidak ada bedanya dengan motor2 yang sah, karena memang hanya berbeda kelengkapan surat saja.

Konon kabarnya disamping motor bodong banyak juga mobil2 mewah yang udel (pe...?) nya menonjol keluar alias bodong.

Keadaan ini akan menjadi semangkin sulit dan rumit kalau di negeri kita makin bertambah banyak udel2 bodong.
Memang enak, dengan hanya berbekal udel bodong orang sudah dapat bebas dari segala kewajiban, membayar pajak kendaraan, bea balik nama, bea masuk, serta pajak barang mewah dll, tentu dengan segala resikonya.

Gimana.....??
Anda berminat dengan kendaraan bodong?? atau dengan udel bodong ??

4 comments:

Arief Susetiyo said...

haha ...lso iso ae pak ustad ini.
kalau di negeri ini banyak udel udel bodong dan sepeda motor bodong akan menjadi rumit dan ruwet ? menurut saya kok tidak justru ada pihak2 yg tertentu yg di untungkan .
Banyak udel bodong ....dokter bedah .. .ngguyu ngguyu
banyak kendaraan bodong....
polisi ....ngguyu ngguyu.
banyak amandel bodong ...
sopo yo sing...ngguyu ngguyu? ngguyu yo ngguyu ning ojo seru seru .

Ki Ageng Similikithi said...

Wudel bodong marahi rejeki cak. Apa maneh nek njur tari perut ning widele bodong. tambah montir montir

paromo suko said...

yang bikin setori adalah lambangnya,
coba,
bikin lambang kok ya garuda bodong to ya (yang merasa garuda bodong tunjuk tangaaan!!!)
mbuh maneh kalo justru semboyannya:
biar bodong asal kondhang (tereak kenceng!)
coba ga dapet yang bodong,
gung karuwan kondhang lho,
wis ah nggladrah!!

Indro Saswanto said...

Terimakasih komennya.
iyolah sekedar untuk bodong2an. Baca komen anda wetengku bisa kemekelen untung udel gang nyampe brojol. Gawat nek nganti bodong tenan. ☺