Monday, October 1, 2007

18. Tanah HARAM bagian 2

Tanah HARAM 1977.
bagian 2.

Setelah selesai menata kamar jam 21 aku pergi ke masjid nabawi berdua dgn temanku ir Soetarmo. Dijalan banyak jamaah yang lagi pulang dari salat isa. Aku jalan kaki sekitar 30 menit. Dikejauhan nampak menara masjid yang tinggi bermandikan cahaya. Hatiku tergetar. Auw ini rupanya yang sering dicerita orang. Masjid Nabawi. Makin dekat masjid makin jelas. Cantik indah dan menghanyutkan. Ternyata kalau malam masjid ditutup sehingga aku hanya bisa salat diluar. Selesai salat Aku kelilingi masjid nabi. Sangat cantik indah sekaligus megah..
Paginya jam 3 aku bersama isteri berangkat subuhan. Jamaah pria dipisah dengan wanita. Kebetulan Isteriku dapat teman seorang kapten polisi wanita. Jadi aku tidak kawatir melepas dia menuju tempat jamaah wanita.
Selesai salat aku berhasil masuk Roudhoh. Disana Aku salat lagi. Belum selesai aku membaca al fatihah hatiku bergetar. Aku menangis keras2. Se jadi2 nya.. Rasanya aku dekat sekali dengan Tuhanku Allah sang pencipta alam. Aku mohon ampun segala dosa dan kesalahanku. Entah kenapa Raudoh bagiku ada daya magis ter sendiri. Lima kali aku masuk kesana lima kali pula aku tersungkur menangis dihadapan Allah. Setelah selesai salat aku ziarahi makam Rasulullah. Disitu aku sampaikan salam dan salawat kepada beliau. Jamaah disini sangat padat sampai kacamata didalam
saku hancur tidak bisa dipakai lagi.
Sekitar jam 6 aku keluar dari masjid. Lalu ziarah ke makam Baqi.. Makam yang luas. Tanpa nisan. Ribuan ada disini. Para jamaah wanita tidak diperbolehkan masuk ke areal makam.
Jam 9 pulang ke pondokan untuk makan pagi. Sarapan di madinah terasa enak separo ayam roasted seharga 4 real nasi 2 real dan kopi 1 real = 625rp masuk dengan lancar ke perutku. Sebenarnya makan sudah disediakan hanya kadang menu tidak sesuai selera. Nasi kabuli juga enak disini. Tidak seperti di makkah makanan rasanya cemplang. Dan menyengat bau rempahnya.
Pada hari ke tiga di madinah para jamaah diajak ziarah ke masjid Kiblatain jabal Uhud parit Khandag masjid Umar masjid Quba pasar kurma dll.
Selama 8 hari tinggal di madinah.aku berhasil 5 kali masuk roudhoh. Aku juga menelpon anak2ku. Mereka baik2 saja.
Aku tinggal di kamar Hotel ukuran 6x10m diisi 13 orang. Berjubel memang tapi hati senang. Aku sempat tukar uang 100$ =371real. 1$=2.400rp. 1 real = 625 rp. Dan selama disana aku terserang flu batuk dan demam.
Kamis 3.04.1997 Tiba saatnya rombongan harus berangkat ke mekkah. Rombongan berangkat jam 24. Rupanya supir bus belum hafal jalan sehingga tersesat. Sampai Bir Ali tempat mikad jam 02. Aku Salat sunat 2 rakaat dan membaca niat umroh.
Hari Jumat jam 10 pagi tiba di makkah. Hotel ada di daerah Misfalah. Aku jumatan terpaksa di mesjid kecil di dekat maktab karena waktu tidak memungkinkan untuk pergi ke masjidil haram. Waktu masuk salat sudah mepet. Aku saat itu masih pakai baju ihram. Jam 16 aku bersama rombonganku ramai2 berangkat tawaf qudum.
Sampai di depan masjid aku terpana betapa gagah masjid ini. Tampak kokoh dan berwibawa. Bismillahi Allahu Akbar. Aku mulai tawaf. Kabah ku kelilingi. Baru dapat 2 putaran terputus magrib. Aku berhenti. Ikut salat magrib berjamaah. Selesai salat aku teruskan tawaf sisa 5 putaran yang tertinggal. Lalu salat 2 rakaat di makam Ibrahim. Minum air di sumur Zamzam. Dan sa'i kemudian tahalul alias potong rambut. Selesai itu aku menunggu salat isa. .Aku memilih tempat di bukit marwa. Selesai salat aku bersama isteri kembali ke maktab..
Sabtu ahad senin aku rutin ke masjid haram.
Hari Selasa aku dan seluruh anggota kloter 40 berwisata ke jabal Thur padang Arofah Musdalifah Mina dan jabal Rahmah serta Jabal Nur.
Rabu kamis jumat sabtu rutin ke masjidil haram.
Ahadnya rapat persiapan wukuf. Di dalam rapat dibicarakan apa2 yang harus dibawa dan tehnis pengangkutan ke Arofah. Selesai rapat jam 15 pergi ke jabal kurban melihat orang memotong unta dan domba.
Senin kami menyiapkan barang yang harus dibawa untuk wukuf. Tidak banyak perlengkapan yang mesti dibawa.hanya perlengkapan mandi baju ihram dan 2 stel pakaian untuk dipakai setelah tahalul di Mina.
Sore hari. Selasa tgl 15.03-97 tiba saat yang di tunggu2 untuk wukuf di Arofah. Jam 1730 rombongan berangkat ke arofah dengan ber pakaian ihram. Sebelumnya aku mandi lalu memakai wangi2an dan salat 2 rakaat serta berniat haji. Setelah 30 menit perjalanan dengan bus aku sampai di perkemahan. Aku masuk kemah besar ukuran 15x30 meter. Semalaman disitu Aku diare gara2 makan daging unta yang di masak dengan rempah2 yang menyengat. Daging nya sih enak sekali . Empuk tapi perutku gak kuat dengan rempah2nya untung pagi2 aku sudah sembuh.. Siang harinya setelah kotbah wukuf jamaah berangkat ke Musdalifah. Disana mabid mengambil batu untuk melempar jumrah.
to be
continued......

No comments: