Monday, December 15, 2008

154. Tidur

Tidur

Tidur adalah langkah terbaik untuk mengistirahatkan badan. Akan tetapi kalau terlalu banyak tidur badan juga akan terasa sakit semua. Jadi segala sesuatu harus ada porsinya tersendiri. Kalau berlebihan akan berefek tidak baik terhadap tubuh kita.

Ada organ kita yang tak pernah tidur, diantaranya adalah telinga. Dia tidak pernah tidur sedikitpun, dia berjaga 24 jam sehari, tujuh hari perminggu. Walau mata enak2 memejamkan diri tapi yang namanya telinga tetap saja berjaga2. Kalau ada suara gaduh entah itu suara kucing atau maling bahkan mungkin suara bom maka telinga akan membangunkan sang mata yang lagi enak2an tidur.

Kebanyakan... orang tidur pada waktu malam hari. Hal ini sebenarnya terbawa oleh padatnya aktifitas yang dikerjakan pada siang hari. Pada orang2 tertentu yang pekerjaannya harus dilaksanakan dimalam hari maka mereka mengalihkan tidurnya ketika siang hari. Demikian pula binatang2 nocturnal seperti kelelawar, burung hantu, jengkerik, kecoak, tikus dsb mereka tidur di siang hari.

Sampai tahun 70an para piyantun Ngayojokarto Hadiningrat terbiasa tidur siang antara jam 14 s/d 16 bahkan ketika itu toko2 tutup pada jam2 tsb. Menurut survey tidur siang itulah yang menyebabkan usia orang Jogja relatif lebih panjang daripada penduduk daerah lain. Disamping tentu saja karena roso sumeleh dan nrima ing pandum para warganya.

Rata2 orang dewasa membutuhkan tidur selama 8 jam tiap hari, dosis ini sangat mudah dipenuhi warga jogja... namun bagi orang2 Jakarta tentu hal tersebut merupakan hal yang mustahal.

Kawan..... Selamat tidur untuk memperpanjang umur.

4 comments:

Ninis said...

Ooo.. gitu ya, Pak..
Kalo saya dari kecil emang dibiasakan tidur siang sih.. tapi sekarang gak bisa nyenyak, karena anak2 sering gak bareng tidur siangnya..

Indro Saswanto said...

Mbak Ninis.. kalau saya baca blognya kok sering sekali tumbang ya.........☺

Ninis said...

Tumbang = sakit, Pak?
Atau tumbang = tidur?

Indro Saswanto said...

Semoga tumbang yang kedua saja.
Tapi jam tumbangnya kok aneh. masa pagi2 ?