Sunday, December 14, 2008

153. Bete

Bété

Kalau otak lagi buntu alias bete, diajak berpikirpun gak mau, yang enteng2 ngelamunpun ogah, apalagi yang berat2. Lalu maunya apa?
Walah2 walah tidurpun sulit, makan aras2en. Paling enak ambil kunci kontak, starter mobil, lalu ngebut tanpa tujuan. Tapi awas bisa2 bikin celaka orang. Alternative lain bisa juga cangkruk di caffe2 sambil ngeliatin orang lalu lalang. Atau pergi keluar kota untuk menyegarkan pikiran.
Tapi itu mah dulu sewaktu masih muda, masih bujang. Kalau sudah berkeluarga punya anak bini mana bisa. Salah2 pulang disemprot sama mbokwedok. Kalau lagi bete paling2 diselimur dengan pekerjaan2 yang bermanfaat walau kadang otak melayang2. Atau bisa juga isi dengan kegiatan makan banyak2 tidur banyak2 cuman yang pasti badan akan tambah gembrot. Untuk wisata bersama keluarga? wah tentu diperlukan persiapan dan biaya yang cukup besar.
Kalau udah manula.... bete, lalu gimana? Yaaa bisalah diarahkan pada kegiatan yang sifatnya MBA (minjem istilahnya mbah soero) pokoknya lakukan saja kegiatan2 untuk menambah bekal achirat. Bisa baca2 yang bermanfaat, mengaji ataupun melakukan kegiatan2 sosial dsb.
Haha ha. 'itu teori'..... kalau anda bener2 lagi bete saya jamin teori tadi tidak berlaku.. tapi ya boleh dicoba, yang penting jangan gara2 bete lantas kita terjerumus pada hal2 yang sifatnya negatif.
Semoga saja........, n mari kita berdoa agar kita selalu didalam lindungan-Nya dan dijauhkan dari rasa bete.

4 comments:

-3- said...

ahirnya jadi yang pertama komment :) , biasanya kalo bt ya..browsing aja pak , pasti gak bete , klw g chatting , hehe..cari tmn yg ol . yang penting sesuai hobby aja .

Pursito said...

Jaman sekarang, nggak tua, nggak muda dikit2 BT, Kalau jaman dulu mau tua, mau muda nggak ada orang BT, soalnya dulu belum ada istilah BT, itu kan penyakit sekarang.

Ninis said...

Haha, saya setuju banget dengan komen Mas Sito :D
Bete itu penyakit jaman sekarang hihihi..
Jaman saya masih kecil dulu, Mbah2 tuh sabar2 banget, hidupnya santai nggak ngoyo..
Jaman sekarang orang makin banyak stressnya, dikit2 bete..

Biasanya kalo saya bete berat, trus ngaji, jadi tenangggg rasanya.. Jadi merasa hidup ini banyak maknanya :)
Padahal "cuma" ngaji ya..

Indro Saswanto said...

*Mas Pram... setuju bin matuk... tapi ati2 browsing n chatting bisa bikin lupa anak bini, bahkan lupa makn n tidur.......☺

*Mas Sito....... sekarang bete bukan milik orang jakarta saja.... orang2 kampungpun banyak yang mengidapnya. Hidup tambah hari tambah sulit.... gak tahu jamannya anak cucu nanti... kaya apa !

*Mbak Ninis... dah sembuh betul??? Wah ngajinya ditularkan ke anak2 dong...
Wass.