Thursday, December 11, 2008

152. nNyasar

Nyasar

Nyasar, nyisir, nyusur, nyeser, nyosor... beda vokal beda arti.
Pernahkah anda nyasar atau masuk ketempat yang salah? Memang sungguh tidak enak kalau kita sampai kesasar atau salah tujuan. Maunya keutara malah jadi ke selatan. Maunya masuk kamar pacar justru masuk kamar mertua. Disorientasi ini biasanya terjadi pada waktu malam hari dimana point of direction yang sudah kita kenal tidak kelihatan. Bahkan kalau sudah masuk ketahap bingung, diputer2pun tidak bisa hilang. Kita sadar sedang berjalan ketimur tetapi rasanya kebaraaat saja. Mata dipejamkan, duduk diputar, jongkokpun tidak akan bisa mengatasi masalah. Otak ini rasanya seperti aneh kenapa bisa tidak mampu merubah perasaan keliru arah.Pokoknya jangan deh ada yang bertanya kenapa begitu karena sampai sekarangpun saya masih mencari jawabnya.
Bingung atau 'disorientasi ruang' kebanyakan dialami oleh manula, mungkin aliran listrik didalam otak sudah kacau banyak yang bocor sehingga terjadi hubungan2 pendek.
Disorientasi bukan hanya tempat ruang saja tetapi bisa juga 'disorientasi waktu' dimana kita tidak tahu jam berapa saat itu, pagi atau malam dsb semisal ketika kita bekerja diruang tertutup seharian.
Dengan kemajuan jaman disorientasi bisa diatasi dengan melihat peta, gps, jam, matahari ataupun alat bantu yang lain, tetapi perasaan bingung seperti yang saya ceritakan diatas tidak bisa dihilangkan... dia hanya bisa hilang dengan sendirinya.

Nyisir... semua orang sudah tahulah.
nNyusur.. nah ini. Kalau anak2 jaman sekarang tidak tahu apa itu nyusur, karena memang sudah jarang dijumpai orang2 makan sirih (nginang). Anda tentu tidak bisa bayangkan apa sih enaknya tembakau dikuwel lalu diisep2 dibibir... lalu diludahkan dengan semburan kecil jauh2.. cruit.... wuih disgasting.
nNyeser.... menyerok ikan dengan jaring yang dibingkai bambu. Suatu permainan yang mengasyikkan dimana kita bisa menangkap ikan di kolam ataupun di sungai kecil. Cuman... ada satu yang paling menjengkelken.... Kalau dapat lele kuning???

nNyosor... wah jangan deh. kurang baik wong kok nyosor bae... istilah ini hanya baik untuk bebek atau banyak yang memang suka nyosor dengan paruhnya.
Nuwun sewu mbah ampun nyosor terus ...... mbahdok pun mblenger.

8 comments:

Ninis said...

Hehehe Alhamdulillah saya belum pernah nyasar seumur2 :D
Suka tanya sih, kan katanya malu bertanya sesat di jalan.. ya kan, Pak?

Kalo cinta biar "disosor" berkali2 gak bakal mblenger kok, Pak.. hahahaha.. yang ada sih ketagihan mungkin ya :D

Austria juga hujan terus, Pak.. Malah di beberapa kota saljunya sampai 1,5m.. saya sempet sakit minggu lalu, kena radang tenggorokan, badan demam sampai 40°.. welehhh, gak enak rasanya :(

Indro Saswanto said...

Tul... pokoknya jangan sampe nyasar deh, kalo cuman bingun aja ga papa.
Di jbg juga lagi musim demam, kali pergantian musim jadi virus2 gentayangan.
Wass

Mbah Suro said...

Sengaja 'nyasar' : supaya bisa berlama-lama mboncengin pacar sengaja nyasar kemana-mana. Akal-akalan...

Indro Saswanto said...

nggak papa lah wong yang diajak nyasar juga manut2 saja......☺.

suparno jumar said...

Salam kenal Pak Indro?
Jauh-dekat yang penting jangan 'nyasar', karena sebelum berangkat tadi 'nyisir'. Di ujung tikungan ada nenek-nenek sedang ngemut mbako 'nyusur'. Sorenya pulang sempatkan cari ikan pake 'seser', pulang lewat rumah mbah suro di sosor banyak....

Indro Saswanto said...

Mas Suparno Jumar
Maturnuwun rawuhipun. Jan2e saya sudah kenal lama lewat blog panjenengan, cuma belum berani mampir.
Sekali lagi trims dan selamat berjuang semoga sukses.....

Ki Ageng Similikithi said...

Wah kalau nyosor sih nggak marahi kapok. Seperti Ninis bisa bikin ketagihan. Kadang tak pandang umur

Indro Saswanto said...

Ha ha udah bau tanah gini Ki. Letoy deh gak kaya dulu lagi. Mau sih mau tapi dah empot2an.........☺