Sunday, December 30, 2007

44. Abu Bakar as Siddiq

ABU BAKAR AS SIDDIQ

Mulanya aku hanya ingin menulis kehidupan Umar bin Chottob sebagai pribadi yang aku kagumi. Namun sebenarnya tidak lengkaplah kalau aku tidak menulis empat serangkai chulafur rasyidin yakni chalifah I II III IV.

Abu Bakar Siddiq. Wafat 21 jumadilakir 13 H / 22 agustus 832 M. Dimakamkan disamping makam nabi Muhammad saw di madinah.
Beliau dipilih oleh rasulullah untuk menemani beliau berhijrah dan mengimami salat mengganti nabi sewaktu nabi sakit.
Beliau adalah muslim pertama yg beriman kepada Allah dan Rasul. Beliau suka melindungi golongan lemah seperti Bilal yang beliau merdekakan karena disiksa majikannya.

Terhadap peristiwa isra beliau membenarkan berita itu dengan mengatakan kalau Muhammad yg mengatakannya tentu beliau mengatakan yg sebenarnya. Sejak itulah beliau dijuluki as Siddiq atau yg membenarkan.
Beliau orang yg sangat lembut dan sabar tetapi ketika Finhas seorang pendeta yahudi memperolok firman Allah beliau marah besar dan dipukullah muka Finhas.

Begitu dibaiat sebagai Chalifah I sebagai penerus ke kalifahan nabi beliau mengucapkan pidato pelantikan yg sangat populer yakni ''''Taatilah saya selama saya taat kepada Allah, tetapi bila.saya menyimpang maka gugurlah kesetiaanmu kepada saya ''

Saat itu banyak suku2 yg balelo murtad dan tidak mau bayar zakat. Walau beliau lemah lembut tetapi terhadap pelanggaran sariat beliau sangat tegas sehingga parapengingkar zakat segera beliau perangi. Perang ini cukup melelahkan berjalan sampai 1 tahun lebih dan terkenal dg nama perang melawan kaum murtad atau Riddah.

Pada kekalifahan beliau muncul nabi2 palsu a.l Aswad al Ansi di Yaman. Nabi palsu ini dibunuh oleh Qois.
Pada masa pemerintahan Abu bakar atas usulan Umar bin Chottob dikumpulkanlah ayat2 al quran yg masih berserak pada para sahabat. Pengumpulan ini dikerjakan oleh Zaid bin tsabit yg dia seorang hafal quran dan dulu sering ditugasi nabi untuk menulis wahyu..

Setelah selesai kumpulan ayat2 quran itu disimpan oleh Abu Bakar kemudian ada pada Umar sampai wafatnya lalu disimpan Hafsah putri Umar dan ahirnya sampai ketangan Usman bin Affan
Lembaran ini ahirnya menjadi mushaf Usmani yg bisa kita baca sampai sekarang dan zaman yang akan datang.
writen by: indosas@gmail.com

No comments: