Wednesday, January 7, 2009

158. Suara langit

Suara langit

''alaikum''
"alaikum salam...eyang bethoro ?." terdengar suara berat dari langit sana. Hati menebak2 siapa ya? temen2 deket yang tahu nama kerenku cuma beberapa. Mungkinkah itu suara dia? temenku yang satu itu? ah tapi sudah 50 th aku tidak pernah bertemu dan mendengar suaranya lagi. Seandainya suara itu dibandingkanpun tentu sudah jauh berbeda. Dulu mungkin kedengaran cemeng seperti ketuk kenong lha sekarang jadi berat kayak gong mega mendung yang gemleger. Tapi hati mengatakan ini pasti suara pendekar dari pedepokan nun jauh disana, yang terkenal angker tur wingit. Pasti suara daripada Mbah Soero. Namun apadaya wedi kualat jadi tidak berani tembak langsung. Hati2 aku selusur... dari pembicaraan2 selanjutnya memang makin mendekati figur beliau, hanya suara bariton itu yang masih meragukan saya untuk mencokok beliaunya. Terpaksa pelan2 kuberanikan bertanya ... 'nuwun sewu panjenengan sinten?' .... Walah walah walah bul bener firasat ku suara dari langit itu suara beliaunya... 'Mbah Soero'. Untung beliau datang sendirian. Anak buahnya para lelembut lelepah klenthing mongil, banaspati tidak diajak... yang bisa bikin mrinding bulu roma.
Selanjutnya pembicaraan jadi gayeng ngalor ngidul merambah kemana2 rasanya tidak cukup seharian untuk melepas mengenang nostalgia masa lalu.
Tan kocapo... segala sesuatu kalau belum jodo.... sebenarnya aku dan beliaunya sudah ketemu thuk gapyuk satu atap dalam momen takziah wafat nya bopo paman saya sehari sebelum suara dari langit itu datang. Tapi rupanya Allah tidak mempertemukan kami berdua, yang bak dua jagoan saling bertemu masing2 matakaji panglimunan sehingga tidak saling melihat... dan terus terang mungkin mereka saling pangling. Sebuah momen yang langka sekali bisa terjadi yang mungkin takkan terulang lagi sampai umur habis nanti.
Namun masih ada satu harapan..semoga Allah ngijabahi.. kami bisa ketemu di aherat nanti.........
Tulisan buat panjenenganipun mBah Soero.

11 comments:

Dee said...

Teriring do'a dan takziah kami kepada mbah soero, semoga di jembarke kuburannya dan di terima Amal ibadahnya di sisiNya. Amin..

Indro Saswanto said...

Hehe om wir... mbah soero masih seger buger...
cuman postingannya yg lagi kolaps....
Mbah mbah... wungu mbah. akeh sik nunggu2........

Mbah Suro said...

*Mas Wir: Benar kata Mas Indro, sampai detik ini saya dalam keadaan seger buger, makan belum ada yang dipantang termasuk makan sate/ gulai kambing, apalagi sate bebek Pak Kirno jatahnya 2 porsi, alhamdulilah masih bisa donor darah, nyetir sendiri sampe Purworejo, Cilacap bahkan ke Pangandaran. Sekarang sedang mempersiapkan MBA (Mencari Bekal Akherat) Trims doanya ben panjang umur bisa nunggoni anak putu.

*Mas Indro : Kapan tindak Jakarta? Jok lali mampir mumpung isih podo-podo diparingi waras slamet.

Indro Saswanto said...

insyaalloh....
kalau kesini saya kontek.
ati2 ojo ngebut

Raf said...

Pak Indro juga sudah kembali nge-blog, setelah libur akhir tahun..selamat nge-blog lagi Pak!

Jadi ceritanya sempat pangling sama suara bariton-nya Mbah Soero ya Pak

Mungkin perlu diset voice detection kali ya...

wassalam,

Indro Saswanto said...

Slamat jumpa lagi dik dan slamat toun baru.
Iya seger rasane, abis libur panjang.... kaltim ujan erus ya...

Dee said...

Oalah..mekaten tho jelasipun engkang dipun maksud "Sabdo langit",dados ngaget ngageti penggalih.Inggih menawi mekaten. Sluman Slumun Slamet, Salamun nyemplung kali plung slulup slelep slelep oleh slepen isi klobot ,njumbul bul klambine teles bles.he..he..he...

Indro Saswanto said...

Boeat mbah soero dan oom wir, sorry deh moengkin toelisan diatas memboeat anda berdoea koerang enak, tapi itoelah keterbatasan bahasa toelis yang bisa memboeat keliroe makna.
Salam hangat. eyang bethoro.

Ninis said...

Bahasa Jawa halusnya hebat2 ya... saya jadi malu sebagai orang Jawa tidak bisa berbahasa Jawa Kromo Inggil dengan baik dan benar, apalagi nulis hahaha..

Acungin jempol buat Bapak-Bapak diatas :)

Indro Saswanto said...

terimakasih
tapi ada cerita aneh dimana ada seorang cina sunda kerja di amrik pulang tidak bisa basa inggris tapj lancar boso jowo karena teman d mess nya jawa semua.

Djangkaru Bumi said...

wah hebat juga tu bahasanya...aku sudah lupa dengan bahasa gituan.....maklum terbiasa pake bahasa nasional