Tuesday, September 9, 2008

128. Tinitus

Tinitus

Rasa benging (tinitus) didalam telinga, kata orang Jawa sih penyebabnya dirasani orang. Tapi yo nggaklah. Tinitus bisa karena telinga tersumbat kotoran, gangguan aliran darah di telinga, kekakuan tulang2 pendengaran, tumor dalam telinga, atau pembengkakan teliga dalam, infeksi dll.
Subyektif bila hanya didengar oleh si penderita tetapi bisa juga obyektif kalau tinitus itu bisa didengar orang lain.
Tinitus nada tinggi biasanya berhubungan dengan tuli saraf, sedang yang bernada rendah berhubungan dengan tuli hantaran semisal kesumbat serumen.
Terjadinya bisa hilang timbul seperti pada penyakit Meniere atau bisa juga kontinue pada telinga kotor.
Kadang berdenyut terutama pada tumor glomus jugulare, atau pun infeksi pada telinga tengah.
Pengelolaan tinitus tergantung dari kausanya tetapi kalau tidak berhasil dapat pula di masking dengan suara radio atau kipas angin pada waktu mau tidur. Obat2 penenang kadang juga bisa menolong. Adaptasi sering dianjurkan pada penderita untuk dapat menerima rasa benging ini, dan diberikan penjelasan2 agar penderita tidak takut dan gelisah dimana ahirnya bisa memperburuk tinitus itu sendiri.........

Pripun sederek? malem minggu sok benging boten?

4 comments:

Pursito said...

Pas sekali Mas Indro, beberapa waktu lalu saya sering begitu, kalau mendengar suara motor atau suara yang menggema terasa sekali ditelinga, tapi akhirnya hilang sendiri. waktu pernah saya bawa ke dokter THT, katanya tidak apa2. Sejauh ini yg saya lakukan ya rutine membersihkan telinga.

Indro Saswanto said...

Mas Sito
Yang penting bukan digosipin orang.....
Coba tanya tuh sama selebritis........ kupingnya pasti benging terus......

Mbah Suro said...

Mau nanya Dok, saya seumur hidup belum pernah periksa ke Dokter THT, sebaiknya setiap berapa bulan sekali telinga harus diperiksa untuk antisipasi jangan sampai terjadi sesuatu penyakit, termasuk rasa benging. (Mumpung konsultasi gratis) He... 3X

Indro Saswanto said...

Cekap setahun sepindah mbah, kecuali pada keadaan2 tertentu bisa lebih sering lagi.
Wass