Wednesday, June 4, 2008

96. Kahyangan

Kahyangan

Kahyangan Jonggring Saloka nama lengkapnya, disana bermukim banyak para dewo. Ada Bethoro Guru atau Gurunoto yang tukang noto tingkah lakunya dewo, tapi karena kepentingan keluarga terkadang dia masih sering melanggar aturan sendiri. Apalagi kalau mbelani anaknya semata wayang yang bernama Dewosrani, sak jaluk2e mesti dituruti lha wong jenenge anak. Jare mbah Suro 'Anak polah bopo kepradah'.

Isterinya, bethari Durgo, seorang dewi dengan wajah raseksi atau raksasa wanita.
Entah gimana filosofinya seorang kepala dewa kok diberi pasangan yang jelek dan jahat serta sering mempengaruhi sang suami.
Untung bethoro Guru ada pendamping yang baik dan bijak yakni bethoro Narodho. Walau fisik bentuknya seperti teko tapi hatinya baik cerdas waskitho dan selalu memihak yang benar dan meluruskan bethoro Guru kalau lagi nyeleweng. Suka meronda ke ngarcopodo, sambil nyatheti nama2 janda muda kedalam memo di sakunya ( nek wis tuwek... lewaat ).

Dikahyangan masih banyak para dewo yang tingkatannya lebih rendah, antara lain bethoro Endro seorang sang hyang yang ngurusi orang ''yang2an'' ber kasih2an pokoknya urusan kasih sayang.
Bethoro Yomodipati urusannya tukang cabut nyowo, nyomoti pati kaya malaikat Izroil saja. Badannya tinggi besar agak mentiung saking tingginya, soalnya yang dicabuti pendek2 dan kecil2.
Bethoro Suryo tugasnya mbaurekso matahari, suka ngganggu ibu2 yang lagi nyuci. Enak2 jemur pakaian mendadak panasnya dia tutupi dengan mendung. Bersaing dengan om Narodho rebutan rondo sampe patutan dipati Karno.
Bethoro Kolo tukang ngatur waktu dan musim, a.l. musim duren, pelem, jambu, semongko dll...
juga musim manten, musim kenduren, pilkada, SPMB, musim rendheng, ketigo lsp.
Selain itu ada Bethoro Wisnu, bethoro Bromo, Bethoro Bayu, Agni dan masih banyak lagi.

Selain dewo2 diatas ada juga dewo yang milih tinggal di marcopodo yaitu bethoro Ismoyo atau lebih beken dengan sebutan kyai Semar bapaknya punokawan Gareng dan Petruk. Hobbynya kentut satu2nya actifitas yang masih gratis di negeri ini, lha wong pipis saja harus bayar...........

Saat ini diduhnia juga ada bethoro yang lagi pada berkeliaran, betoro2 yang doyan nasi, seperti betoro Indro teman dekatnya mbah Suro dan Betoro Baromo yang lagi suko2 dan menyembunyikan diri dengan nama samaran Paromo (ampun bos) yg suka makan nasi beras bramo (ampun beribu ampun tuanku).

Wis ach ........ nggladrah.
Wayang gak genah. (tanpa pakem sih),....... kalau mau tanya aslinya ya tanya'o sama ki Dhalang yang lagi menyiapkan pagelarannya di bilangan daerah Semolowaru.
Salam buat mas Paromo yang lagi bercanda dengan sang cucu dan mbah Suro yang ceklak ceklek motreti cucu pertamanya.

12 comments:

meds said...

wah, jadi teringat waktu kecil, sering nonton wayang sampai pagi. Sayang, setelah di Jakarta, justru tak pernah mendengar. rasanya rindu mendengar irama gamelan, waktu pisowanan, waktu goro-goro.

Anehnya, saya justru lebih tergetar, terharu, kalau mendengar petuah lewat dalang yang bagus daripada oleh ustadz. gpp ya pak dokter.

Indro Saswanto said...

Betul dik, dhalang sekarang pengetahuan agamanya juga bagus, lagian banyak juga ustadz yang memakai gaya ndhalang....
Selamat dech dengan www.sumedi.net nya. Pokoknya maju terus.
Wass.

Mbah Suro said...

Bethoro Endro ngurusi orang "yaang2an" Lha Bethoto yang ngurusi perselingkuhan siapa Mas?
Jangan dikira Bethari Durga jelek lho, setelah diruwat oleh Sadewa menjadi Dewi Uma ternyata banyak yang kepincut dan kemlecer....
Salam buat Mas Sumedi

Indro Saswanto said...

Wuah iku urusane ki dhalang, mbuh kok gak muncul2 jangan2 lagi terlibat perseling dengan dewi uma. Ati2 lo taringe masih utuh.. gak tanggug kalau kecathek.

paromo suko said...

dewo2 saiki sing digoleki dudu dewi umo, ning dewi persik ...!
(yang bukan dewo: ngakuuuuuu...!!)

Indro Saswanto said...

Dos pundi mbah Suro? ngendikane Ki Paromo kok ngaten? Yen bethoro indro sih muk bagian ngatur2. Be'é mbedhal kari nuthuk.

Mbah Suro said...

Ngaku aja : "SAYA" ( sambil tangan ngacung keatas)
Lho wong nggoleki Dewi Persik untuk pentas diacara Agustusan RT
Sekedar alasan, padahal...

Indro Saswanto said...

Nggih kulo pitados mawon mbah, timbang klesak klesik kalih mbakyu dewi langkung eco ceklak ceklek kalih keng wayah mawon.

paromo suko said...

hwadhauuuwwww !!!
(sambil mlungker2 minta ampun)

Indro Saswanto said...

Mpun pun nggooooo.............. muumpung sik esuk. SRAPAN SIK mawon kalih rawone bu Dewiper........
Kleres onten mas Meds kalih mas Raf's,... monggo tambah gayeng sak ontene.
Ayo mbah di ceklekki.

Raf said...

wah..Sa"dewo" nya masih di Kalimantan nih..nggak bisa ngruwat . Mau telepati ilmunya nggak nyampai ...mau pakai simpati agak berat diongkos ..

wassalam

Indro Saswanto said...

Ha. ha kapan pulang jogja /pwr dik. saya lagi otw ke saana by train argowilis nih.
Pakai saja mentari / Im3 sebulan gak habis $4 dah sak blengere.
Coba dech.