Monday, June 2, 2008

94. Berpisah

Berpisah

Dia lahir tahun 1973 disebuah kota kecil di perancis. Ikut dengan sang juragan mulai umur 17. Dia penurut tidak pernah balelo atau minta macem2. Sekarang usianya sudah menginjak 35 tahun. Usia yg mantab. Banyak suka duka terjadi didalam pergaulan mereka selama 18 tahun, namun keduanya bisa saling mengerti sehingga persahabatan pun tetap langgeng. Sebelumnya dia ikut saudara tua sang juragan selama hampir 20 tahun. Ibarat benda pusaka dia diwariskan pada juragan.

Bule perancis ini punya adik kelahiran jepang tahun 1990.
Sang juragan sayang sekali pada mereka berdua dan merekapun sayang padanya.
Sikecil jepang itu ikut juragan itu sejak lahir.
Badannya kecil agak ringkih sering sakit2an tetapi tidak sampai berat. Kalau sakit oleh juragan ia dibawa kesepesialis ditritmen sedikit sudah sembuh.

Kakaknya walau dia lahir di eropa tapi badannya sangat kuat, bandel, istilahnya tahan banting lagian bongsor. Makan banyak larinyapun kencang dan tenang kalem pembawaanya. Adiknya memang lincah, tak suka minum, dan dia sangat gesit. Usianya sekarang 18 tahun. Usia menginjak dewasa.

Mereka sekarang sudah saatnya harus mandiri dan oleh sang juragan mereka dilepas untuk belajar memasuki dunia kehidupan yang sebenarnya.

Ditahun 1980an mereka punya saudara tua kelahiran australia. Tapi setelah ikut juragan selama 10 tahun dia pamit untuk pergi mencari keberuntungan.
Selain itu di tahun 1994 mereka juga mempunyai saudara muda, yang embrionya buatan negeri matahari terbit tetapi 1994 lahir di Jakarta. Saudaranya ini lebih cepat dewasa dan mandiri. Tahun 2007 oleh sang juragan dibiarkan mencari jalannya sendiri.

Kadang2 mereka masih sering ketemu di jalanan tapi sang juragan agak pangling karena sekarang dia jadi pemuda tampan pesolek. Waktu ikut juragan selama 13 tahun dia biasa2 saja tampil apa adanya, mungkin karena sekarang usianya sudah menginjak 14 tahun dan kebetulan dapat majikan yang pesolek, jadi dia juga suka berdandan.

Sang juragan terpaksa berpisah dengan mereka walau hatinya berat, namun karena usia juragan semakin tua dan mereka sudah saatnya mandiri sehingga tak terelakkan perpisahanpun terjadilah.

Sekarang juragan masih membesarkan putra2 bangsa kelahiran jakarta yang masih imut2. Si twin silvery dan bungsu blacky. Mereka kelahiran tahun 2004, 2007 dan 2008. masih bèyès2 penurut dan tidak banyak minta ini itu, makan minum cuma sedikit, apalagi harga minuman mereka ahir2 ini melangit sampai2 penduduk negri berdemo turun ke jalanan menuntut pembatalan kenaikan harga minuman tersebut.

Memang perpisahan adalah suatu peristiwa yang menyayat kalbu tapi mereka sadar, didunia ini setiap ada perjumpaan pasti ada perpisahan.
Slamat jalan si greenty perancis, albino jepun, graphity indon, brownies australia.... semoga kamu semua bahagia ditempat baru dan jaga dirimu baik2.
Salam dari pak mantan juragan.
Physik boleh berpisah tapi hati tetap bertaut.
....wah kok kaya slogannya mbah Suro saja.

4 comments:

Mbah Suro said...

Singkat saja komentarnya : BERTEMU JANGAN JEMU, BERPISAH JANGAN GELISAH.
Kayaknya bertemu dalam mimpi asyik banget.... ketemu mantan pacar ngkali...

Indro Saswanto said...

Memang asyik banget lha wong :
SUWE ORA JAMU, JAMU JAMU GODONG SURUH
SUWE ORA KETEMU, TEMU TEMU WIS PODO SEPUH.
Opone gak asyik ?!

paromo suko said...

mudah-mudahan ketemu di SAMSAT

Indro Saswanto said...

asal jangan di BÈNGKÈL husada tama, onderdile mahaaallll.