Thursday, May 1, 2008

84. Buruh

Buruh

Hari ini 1 mei dikenal sebagai hari buruh atau may day. Kata ''buruh'' ahir2 ini semarak lagi setelah beberapa lama hilang.
Dahulu jamannya komunis ada dibumi negeri ini buruh terkesan sangat sangar apalagi saat itu buruh tani diorbitkan dan dipolitisir. Mungkin untuk menjinakkannya nama mereka diubah dengan istilah ''karyawan'' dimana terdengar lebih elegan santun jinak penurut dan tidak berani protes.
Dijaman reformasi buruh menggeliat lagi karena adanya keterbukaan kebebasan dan jumlah pabrikpun semakin banyak. Walau demikian sejak dulu sampai kini hak2 mereka belum juga terperhatikan. Apalagi kalau kita perhatikan yang namanya buruh kuda, buruh sapi , buruh kerbau, buruh gajah, ataupun buruh onta, mereka sama sekali tidak dihiraukan hak2nya.
Mari kita lihat.
Kalau kita ambil contoh UMR 620ribu / bulan lalu dipotong uang makan 2 ember dedak plus daun rèndèng serta air minum 1 galon yg total harganya kira2 4 ribu / hari maka setiap bulan seekor kuda cuma menghabiskan 120ribu sehingga dia bisa menabung 500ribu.
Kalau seekor kuda bekerja selama 20 tahun maka dia sudah punya tunjangan hari tua sebanyak 120juta jumlah yang sudah cukup untuk bisa hidup bahagia dengan anak cucunya.
Namun apa yang terjadi. Jangankan menikmati hidup bahagia, hidup normalpun tidak bisa dia nikmati. Dia tidak pernah menikmati kehidupan paling mendasar sekalipun, seperti bermain2 sesama teman ataupun pemenuhan kebutuhan biologis. Paling2 dia hanya membayangkan kuda2 yang cantik dan mulus2, dan untuk itupun oleh sang majikan tidak diizinkan tolah toleh bahkan matanyapun ditutup dengan teropong. Sang majikan sungguh tidak memahami hak azasi hewani malah dia suka mencambuknya. Padahal buruh yang satu ini sangat taat patuh loyal bekerja penuh dedikasi tidak kenal waktu bercucuran keringat ......... dan ........... tidak pernah demoooooo.

2 comments:

paromo suko said...

Ada nggak ya, HARI BURUNG ?

Indro Saswanto said...

Ehm...... untuk yg satu ini ada pakarnya. Saya gak brani jawab.
Gimana Ki............??