Friday, November 30, 2007

34. KOTA~KOTA (part 4)

4. PANGKAJENE < PANGKEP >

Sebuah kota kecil yang sepi 50 km utara Ujungpandang. Ibu kota kabupaten Pangkajene Kepulauan. Dekat pantai dibelah sungai besar sungai Pangkajene. Lewat sungai ini kita bisa kelaut dengan naik perahu menuju pulau2 kecil dilaut selat sulawesi seperti liukang Tupa'biring, liuakang Tangngaya dsb.
Pertokoan dikota ini hanya sepanjang 500 m. Mirip2 kota kecamatan di Jawa. Hiburan hanya ada satu gedung bioskop yang jauh dari standart. Selama 4 tahun disana aku belum pernah menontonnya. Saat itu tahun 80an air minum sangat susah kalau kemarau sumur2 kering di musim penghujan banjir. Pasar ada ditengah kota ditepi sungai kalau musim hujan becek sekali kalau kemarau kotor berdebu. Banyak dijual ikan bandeng udang kepiting dan ikan laut tidak banyak sayur2an. Dekat pasar ada toko emas milik A Leang biasa aku beli disana berupa uang logam yg biasa disebut ringgit beratnya 41 gram dengan kadar emas murni sekitar 38 gram ber tulisan pesos. Aku tidak tahu asal coin itu dari negara mana.
Di pangkep terdapat pabrik semen Tonasa, pabriknya cukup besar bahkan sekarang berkembang ada Tonasa I II III. Memang di belakang kota ini terdapat gunung kapur yng memanjang dari ujungpandang keutara sampai ke pare2.
Yang agak menarik bagiku rumah bupati disini oleh masyarakat dijuluki ''istana'' bahkan jalan disekitarnya di beri nama jalan MERDEKA utara, barat dan timur. Hebat bukan?

5. JOGJAKARTA < babak ke 2 >
Aku kembali lagi kekota ini. Pada saat itu mulai dibangun ringroad utara. Jogja sekarang sudah sangat maju. Dulu jalan kaliurang jalan gejayan masih singup banyak pohon2 bambu gelap menakutkan. Dengan adanya ringroad utara daerah Jogja utara sangat cepat berkembang. Apalagi banyak kampus2 besar terletak didaerah ini. Komplex2 perumahan mewah banyak bermunculan disektar ringroad ini sehingga membuat kemacetan dimana2 utamanya jalan kaliurang.

No comments: