Friday, November 30, 2007

31. KOTA ~ KOTA (part 1)

Kota2 yang pernah aku tinggal.

1. PURWOREJO
Kota kecil di Jawa Tengah kota yang tenang kota pensiunan. Disini aku tingal selama masa kecilku. Banyak kenangan yg masih melekat dihatiku. Kota dengan alun2 dan pohon beringin di tengahnya dimana aku dulu sering memanjat diatasnya untuk sekedar menikmati angin ataupun menonton sepak bola. Berbagai keramaian sering digelar disini. mulai dari upacara kemerdekaan, pasar malam, pacuan kuda sampai latihan kojarsena < korps pelajar serba guna > yah segala macam kegiatan bisa dilakukan di sini sehingga alun2 pada saat itu tidak pernah sepi.
Kota Purworejo terkenal dengan Bedug nya yg terbesar di seluruh jagad dimana bedug ini dibuat dari sepotong kayu jati utuh tanpa sambungan kalau gak keliru diameternya 182 cm, waktu itupun aku sering bermain2 dimesjid ini.
Selain itu aku juga sering main pingpong di aula SPG dan SMP N 1. meski sekolahku di SMP 2. Didepan sekolahku itu terdapat Gereja tua yg bersih dan dingin karena banyak pohon kelengkeng ? nya. Kalau lagi jam istirahat biasa kami duduk2 disitu. Dekat sekolah juga ada Kantor pos dimana aku sering kesana untuk membeli perangko2 seri baru karena aku penggemar philateli. Meski hanya sekedar hobby aku saat itu mengumpulkan sampai seribu lebih jenis perangko. Entah sekarang dimana sudah tidak ada bekas2nya.
Membelah kota juga ada sungai namanya sungai Kedung putri dengan aliran yg cukup deras bahkan kalau saya tidak salah ingat ada pabrik es yg memanfaatkan aliran sungai itu untuk menggerakan kincir pemutar turbin sehingga kalau aku mau beli es di takut2i kalau es nya dibuat dari air sungai yg notabene banyak lele kuningnya. Disungai ini banyak teman2ku yg suka memancing ikan.
Di Purworejo saat itu hanya ada satu kolam renang yg lebih populer disebut pemandian namanya pemandian Kedung kebo. Kolamnya cukup besar dan sering memakan korban jiwa. Mitosnya sih setahun sekali pasti meminta korban. Aku sendiri tidak bisa renang jadi waktu di SMP ada pelajaran olah raga renang aku sangat tersiksa.
Dengan gaya batu sebisa terpaksa aku turuti perintah guruku.
Yang menarik buat aku di Purworejo ini ada pasar burung aku sangat senang kalau bermain kesana. Sewaktu kecil aku pelihara banyak burung, truwelu atau kelinci, marmot, tupai bahkan katak dan tawon kenthi aku pelihara. Sungguh masa kecil yg sangat bahagia.
Di luar kota ada juga pemandian yg terkenal namanya Simbarjoyo. Aku pernah naik sepeda bersama teman2ku kesana. Jalannya naik jadi ya agak berat la wong kaki belum nyampai betul kepedal. Aku juga pernah sepedaan kerumah teman di Cangkrep sebuah tempat kira2 sepuluh kilo dari kota melewati jembatan kali Bogowonto. Disana kami memetik buah manggis bagai monyet makan sekenyang nya diatas pohon.
Didalam kota ada dua gedung bioskop namanya Bagelen dan Pusaka. Aku sering nonton disana...... film2 Tarzan,film samurai dengan bintangnya Toshiro Mifune, film Janggo dg bintang Franco Nero dan lain2, Kalau nonton meriah sekali ..penontonnya bersorak sorai pokoknya ndesani, Yach memang begitulah keadaannya saat itu. Gedung bioskop selalu penuh beli karcis ber desak2an. Kalau filmnya bagus bisa diputar ber hari2 kadang aku sampai nonton dua kali. Kursinya terbuat dari rotan wah kepindingnya banyak sampai paha ini bentol2 abis masih pakai celana pendek jadi ya kadang bawa koran untuk mengantisipasi serangan bangsat / kepinding / tinggi tadi. Kadang2 pas bubaran film hujan deras wah ya klebus sampai rumah mesti kramas dulu takut pilek. Sambil nonton biasa aku beli kacang kulit goreng sangan wah nikmat deh apalagi kalau pas hujan.

5 comments:

HaryoTomo said...

Salam kenal pak Indro, saya juga putra Purworejo. Karena pernah tahu SMA 1 Purworejo, tentu kenal dengan Pak Hadi. Beliau tetangga saya di Jl. Kesatrian. Saya sendiri alumni SMA 1 Purworejo dan sekarang alhamdulillah mengajar di ITB Bandung. (Haryo Tomo)

Indro Saswanto said...

Ass ww.
Enaknya saya manggil Mas, dik atau nak ya.
Trims atas kunjungannya, btw sekarang lagi di austria atau di bandung?
Wass
Bung Haryo Tomo saya tunggu di indosas@gmail.com

Indro Saswanto said...

Bung Haryo yth, maaf ya verifikasi kata di blog anda dibuang saja. Saya berkali2 gagal tidak bisa masuk komen.
Wass.

HaryoTomo said...

wah maaf sekali pak...saya dari 3 minggu lalu belum sempat cek, tugas sedang menumpuk..hehehe. Saya masih di Austria pak, insya Allah tahun depan saya baru bisa selesaikan studi. Salam haryo

faidzin said...

Salam kenal pak,
Eyang saya dulu orang Purworejo tepatnya di dekat balai desa pangen juru tengah.
Pada saat itu saya sendiri tinggal bersama orang tua di Banyumas. Ke purworejo kalau liburan saja.
Saya juga sering berenang di Kedung Kebo atau Artha Tirta. Main di Alun-alun. Makan bakso di Bang Siput.
Namun saya belum sempat menuliskan kenangan saya di kota itu di blog saya. Kapan-kapan deh ya, pak.
Silakan kunjungi blog saya di ayahzaid.blogspot.com