Friday, November 30, 2007

33. KOTA~KOTA (part 3)

3..JOGJAKARTA

Kota idolaku. Kota yang terplaning baik oleh sang pendirinya.. Kota yang penuh dengan simbol2. Semuanya terbuat dengan tujuan yg jelas. Kota tua yg sudah dua setengah abad lebih usianya.
Sayang dalam perkembangannya sekarang menjadi kota yg crowded dan semrawut. Beban yg diderita kota sangat berat. Penduduk cepat bertambah jumlah kendaraan meledak sehingga macet dimana2.
Malioboro....... siapa yg tak kenal dg nama jalan ini. Kalau sudah malam minggu minta ampun jangan ditanya padatnya kawasan ini.
Ini benar2 membutuhkan pemikiran yg matang jauh kedepan mau dibawa kemana kota ini. Kota yg penuh cendekiawan penuh orang pintar.. memang jogja gudangnya orang pintar... tapi bisa2 gagal mengatur kotanya. Entah siapa yang mau peduli dengan kota ini.
Pasar Beringharjo... kini sudah jauh berbeda dengan saat aku masih sekolah disini. Sudah tertata rapi walau sudah tidak ada lagi kesan antiknya. Memang sangat disayangkan kalau Jogja nantinya menjadi kota modern sebagaimana kota2 lain. Mereka kehilangan identitas kehilangan jati diri. Mestinya kota lama harus dipertahankan tidak asal rombak sehingga arsitektur kota jadi amburadul.
Tugu jogja.... walau tidak segagah monas tapi siapa yg tak kenal tugu ini? Bagi anak kecil mungkin tugu ini tidak ada artinya di banding tugu monjali. Tapi bagi para pinisepuh karismanya jauh dibanding monjali. Tugu kecil yg terletak ditengah2 perempatan jalan mempunyai nilai yg tak terhingga. Dia saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia.. Keselatan menyusur jalan mangkubumi ujungnya ditutup rel Stasiun Tugu, sebuah stasiun kereta dengan arsitektur belanda, masih kokoh berdiri tegak walau terguncang gempa sekalipun. 
Dikota pelajar ini terdapat bangunan2 kuno dg mutu arsitektur yg luar biasa ada gedung agung, benteng vreydenburg, kantor pos, gedung BI, BNI dan kraton sendiri yg kaya akan seni.
Gedung2 bioskop Indra, Permata, Rahayu, Soboharsono adalah gedung yg telah mengukir sejarah pada jamannya.
Keraton dengan alun2 lor dan alun2 kidul dikelilingi tembok beteng dan didalamnya terdapat tamansari tempat pemandian para putri dan isteri raja serta sumur gumuling sebuah terowongan dibawah tanah yg konon tembus ke laut selatan.
Pasar burung Ngasem yg selalu ramai tak pernah sepi pengunjung..... Masjid agung kraton, dan masih banyak lagi tempat2 wisata. Ada
parangtritis, pantai samas, parang kesumo, adalah pantai2 yg indah.
Candi Prambanan Borobudur Boko Pawon dll melengkapi kasanah wisata di Jogja.

No comments: