Friday, February 6, 2009

164. KO

Knock Out.

Suatu saat saya pergi solat jumat. Ketika mau berangkat sudah di ingatkan ma ibunya anak2. Mengisi kotak mesjid jangan lupa, dia pesen ditambahi dari dulu tahun dal kok segitu2 saja. Saya manut saja, saya lipatkan dua kali dari biasanya.
Saya pikir sudah cukuplah toh kalau ada keperluan emergency saya juga bersedia jadi donatur. Yang penting iklas dulu besaran bisa disesuaikan.
Saya berangkat dengan jalan kaki karena mesjid hanya beberapa puluh meter dari rumah lalu menyeberang jalan.
Begitu sampai seberang tuk gatuk didepan saya ada tunanetra yang berangkat jum'atan juga. Dengan tongkatnya dia mencari2 jalan. Saya sengaja mengikuti dibelakangnya pelan2. Saya pikir jaga2 barangkali pertolongan dibutuhkan. Dia masih muda usia dibawah saya jadi saya hanya mengawal saja.

Didekat mesjid berderet anak2 kecil peminta2 yang menunggu saat selesai solat untuk mengais rejeki. Sambil menunggu mereka bermain2 ditrotoir yg tentu saja mengganggu orang lewat.

Sedang asyik2nya mereka bermain tiba2 ada salah satunya yang tersenggol tongkat tununetra tadi. Saya lihat anak yang terkena tongkat usia belum genap 6 tahun. Dia segera berdiri dan tanpa babibu langsung menuntun sang tunanetra menuju mesjid.

Saya sangat kaget dan terkagum2 kok begitu mulianya anak seumur itu sudah bisa
dan dengan iklas spontan memberi pertolongan pada sang tunanetra tsb. Betul2 hati saya terpukul, terharu sambil mengikuti mereka dari belakang.

Saya tidak habis pikir seorang anak pengemis usia baru segitu mempunyai rasa kemanusiaan yang begitu tinggi, selangit..... padahal didalam benak saya anak jalanan pastilah nakal tidak kenal aturan.

Selama didalam mesjid otak saya selalu terbayang2 anak tadi. Rasanya saya ingin memberi pengharagaan / hadiah kepadanya.
Namun sedikit uang yang saya bawa tadi sudah saya masukkan kekotak amal. Rasanya menyesal juga kenapa saya waktu berangkat tidak cukup banyak membawa uang....Pikiranku terus terganggu oleh si anak kecil peminta2 tadi.

Begitu selesai solat sewaktu pulang saya cari2 anak tadi... tetapi kok tidak nampak... entah kemana padahal temen2nya masih menengadahkan tangan meminta2. Kemanakah dia? Jangan2 tadi malaikat yang mengKO saya dengan contoh perbuatan yang sangat mulia.
Ya Allah.... astaghfirullah hal adzim.......

34 comments:

Dyah said...

Assalamu'alaikum Bukan ada malaikat lho pak di dekat panjenengan setiap hari ? ..... subekhanaAllah

Wasalam

Indro Saswanto said...

Betul bu, Rakib dan Atid sang pencatat segala perbuatan. yg kecepatan dan ketepatan nya melebihi super komputer buatan manusia.
wass.

Ki Ageng Similikithi said...

Dalam situasi yang hampir sama saya pernah mengalami. Melihat anak menjual minuman/air dalam botol di tepi jalan. Saya tdk beli dri dia, ttp dri toko di dekatnya. Dia begitu nampak sedih dan pasrah. Setiap kali saya ke Kamboja saya mencari anak itu. tak pernah ketemu. Wajahnya mirip anak saya almarhum

Mbah Suro said...

Manusia kadang “Kewelèh” yang pada akhirnya menjadikan penyesalan.

Indro Saswanto said...

Astaghfirulloh ( ya allah ampuni kami )
Aki, Mbah, ampyuuunn deh
saya benar2 KO...

Mbah Suro said...

Pasiennya "Dukun Cilik" Ponari juga pada KO, ini fenomena apa Eyang? Jombang Top Markotop, Kasus Riyan baru adem muncul Ponari dengan puluhan ribu pasien. Wee ladalah....

Indro Saswanto said...

Sampai sekarang saya masih belum bisa menangkap makna fenomen ini, walau sudah beberapa kali saya lihat, mungkin antene saya yang kurang canggih.
Kalau dari pengalaman yang sudah2 biasanya fenomen spt itu mendahului situasi2 yang tidak menentu.
Mari kita tunggu.
Apa permainannya Bilung yo.....?

Ernut said...

sungguh mengharukan!

Indro Saswanto said...

@ernut. insyaallah bisa mengingatkan kita semua.... utamanya diri saya sendiri

Raf said...

Bagus Pak ceritanya , mudah2an saya bisa mengingat pelajaran yang diberikan ...

wassalam,
Raf

Indro Saswanto said...

dik Raf
insyaallah, semoga kita selalu dalam bimbinganNya
Wass

Indro Saswanto said...

dik Raf
insyaallah, semoga kita selalu dalam bimbinganNya
Wass

-3- said...

kadang kita perlu di ingatkan...

Indro Saswanto said...

dijewer atau dislentik mas.
atau malah kena pukulan telak. langsung KO.
salam buat mas pram.

Ki Ageng Similikithi said...

Salam dari Guilin, Bethoro Indro

Indro Saswanto said...

Salam kangen kembali Ki.
Guilin ini mana ki? Pelosok dunia mana lagi ni? nun jauh dan indah disana ya? tapi saya yakin masih indah dan sedap baunya bedono yang selalu ngangeni......dengan bunga2 kopi dan suara congkeretnya.
salam

Ki Ageng Similikithi said...

Bethoro Indro,
Guilin di Cina selatan. Terbang sejam dari Guangzhou. Indah sekali pemandangannya. Banyak danau dan sungai mengelilingi kota. Bedono selalu berbau bunga kopi

Indro Saswanto said...

okey Ki. .. Selamat berwisata... dengan nyai mestinya.
Masih ada dua tempat lagi yang lebih indah dan berkesan... aki mesti kunjungi.... mekkah n madinah....
Jangan lupa ki ol2nya. aku sih kolektor gantungan konci.
Wass

Mbah Suro said...

Setelah KO kok postingnya jadi macet?

Indro Saswanto said...

mbah ragi klenger
saya pamit izin dulu
nanti kalau sudah fit saya pasti muncul lagi
wass.

Raf said...

Pak Indro sehat - sehat kan..?

apakah efek ter-K.O. masih ngliyer ?

Indro Saswanto said...

dik Raf. alhamdulillah saya sehat2 saja.
kapan2 saya posting lagi...

Ki Ageng Similikithi said...

Eyang Bethoro Indro,

Iki ora nyindir lho. Mung aku kelingan nek pas pelajaran maca basa Jawa kae, entek entekane sok nganggo tembung TUTUGE apa CUTHEL. Lha iki TUTUGE dienteni je. He he he

Unknown said...

sekarang memang banyak penyamaran yang dilakukan oleh makhluk gaib, tapi kebanykan dari bangsa jin jahat dan iblis, mereka menyamar jadi politikus, pejabat dan koruptor, bahakan ada iblis yang berani menyamar jadi penegak hukum...wah dunia memang sudah hampir akhir...
salam dari cah Purworejo

Indro Saswanto said...

Ki Ageng
maaf ki, saya lagi terhempas.... setelah mengikuti kisah "kasih menyusur waktu"
yang jelas tidak Cunthel dan saya selalu menunggu tutuge Ksm.
wass

Indro Saswanto said...

Ki Ageng
maaf ki, saya lagi terhempas.... setelah mengikuti kisah "kasih menyusur waktu"
yang jelas tidak Cunthel dan saya selalu menunggu tutuge Ksm.
wass

Budiqof said...

salam kenal aja.....

Indro Saswanto said...

mas budi
salam kenal juga
saya sudah intip blog anda
sangat bagus
maju terus
wass

Indro Saswanto said...

mas budi
salam kenal juga
saya sudah intip blog anda
sangat bagus
maju terus
wass

amir faisol said...

weleh weleh weleh,pak gurunya mas indra saja nggak bisa meng ko dengan soal-soal yang njlimet.
dadi kudu ana malaikat sing meng ko anda mas dokter

Indro Saswanto said...

inggih pak de
ko yg membawa nikmat ya kali ini. betul2 mak nyess rasanya.
salam buat pakde sol

Indro Saswanto said...

>>>>>>>O☺O<<<<<<<<

paromo suko said...

(nyelip)

MEMBACA TANDA-TANDA

Indro Saswanto said...

sugeng rawuh romo begawan, sugeng pepanggihan malih. mugi romo tansah sehat semangat lan pinayungan rahmat.
wass